Tuesday, January 13, 2015

Mengetahui Penyebab Stress : Sebuah Manajemen Stress

Salah satu penyebab seseorang kehilangan kebahagiaan adalah stress, untuk menghindari stress, pertama  kita harus bisa mengenali penyebab rasa stress tersebut. Ada beberapa penyebab stress, penyebab - penyebab stress sudah pernah di tulis pada artikel blog ini. Dengan mengenali penyebab stres pada kita, maka kita bisa memikirkan langkah untuk keluar dari rasa stress yang kita rasakan.

Sebagai contoh, seseorang berpikir tentang keinginan untuk mempunyai sebuah mobil, padahal orang tersebut tidak memiliki uang yang cukup, jika ini hanya dipikirkan saja, ini bisa menyebabkan orang tersebut menjadi stress. Seharusnya stress yang di rasakan bisa diolah menjadi sebuah energi positif. Ketika seseorang menginginkan sebuah mobil, mobil itu dijadikan motivasi untuk bekerja lebih giat dan agar lebih berhemat dalam pemakaian uang.  Agar orang tersebut bisa membeli mobil. Ini adalah manajemen stress.

Manajemen stress yang baik, akan memanfaatkan stress untuk menjadi sebuah motivasi, selain itu juga agar bisa menghilangkan ketakutan dan kecemasan yang berlebihan tentang suatu hal. Setiap orang harus mempelajari manajemen stress, sehingga orang tersebut bisa terhindar dari stress yang merugikan.

Stress yang tidak diatasi dengan cara yang baik, maka ini bisa mengurangi kebahagiaan seseorang. Para peneliti sudah mengelompokan kebutuhan manusia, seperti sosial, makanan, kesenangan, dan sebagainya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut harus terpenuhi.

Sebagai contoh, seseorang memiliki rumah yang mewah, harta banyak, tetapi dia tidak memiliki teman, tentu saja ini akan berpangaruh terhadap dirinya. Karena manusia adalah sosial, dimana manusia membutuhkan penghargaan dari orang lain. Selain kebutuhan sosial, manusia juga butuh kebersihan diri, seperti mandi, berak, kencing, itu juga harus terpenuhi.

begitu banyak hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi stress, oleh karena itu, kita harus menolong mereka dengan penerimaan yang ramah dari kita, setidaknya kita bisa memberikan penghargaan untuk mereka. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Thanks For U'r Attention