Monday, January 12, 2015

Berlatih untuk mengatur keuangan pribadi.

Keuangan pribadi adalah tata kelola keuangan pribadi meliputi pendapatan dan pengeluaran pribadi, Kesalahan dari pengaturan keuangan pribadi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi bangkrut dan kehilangan uangnya. Mungkin, beberapa kali kita mendengar berita tentang seorang yang kaya menjadi bangkrut. Oleh karena itu, kita harus berlatih mengondisikan keuangan kita agar tetap dalam keadaan sehat.

Seseorang bekerja untuk mendapatkan uang, uang itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti membeli mobil, sewa rumah, membeli makan dan minum, dan lain-lain. Banyak orang terjebak dengan hutang yang tinggi di luar batas kemampuannya. Agar terhindar dari kebangkrutan keuangan pribadi, sebaiknya kita mulai menata ulang perencanaan keuangan kita. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan kita dengan baik adalah sebagai berikut :

Menentukan rencana keuangan kita. Menghitung berapa biaya kebutuhan kita, dan melaksanakannya dengan disiplin. Sisa uang yang ada bisa ditabung, atau kita letakkan pada sebuah investasi seperti deposito di bank.

Membeli barang yang kita butuhkan, jangan membeli apa yang kta inginkan. Terkadang godaan keinginan membeli sesuatu sering menggoda. Hal ini harus bisa kita hindari. Buat daftar kebutuhan, sehingga kita bisa menetapkan untuk memutuskan barang-barang mana yang akan kita beli.

Berlakulah seperti seorang akuntan, catat setiap pendapatan dan pengeluaran keuangan pribadi, lakukan evaluasi, dan perbaiki untuk masa yang akan datang.
 
Membandingkan harga barang yang akan kita beli, sebelum membeli sesuatu, sebaiknya kita bisa melihat referensi harga yang bisa kita dapat dari internet, jadi kita bisa mengetahui kisaran harga yang harus kita bayarkan untuk membeli suatu barang.

Cari sumber pendapata yang lainnya, kita bisa melakukan kerja yang lain, selama pekerjaan pokok kita tidak terganggu, misalnya dengan menjadi seorang publisher periklanan dari blog yang kita miliki, atau menjadi seorang affiliate dan menjual melalui sebuah website.

Masih banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk melatih pengaturan dari keuangan pribadi kita, akan lebih baik jika kita menghubungi seorang penasihat keuangan pribadi, yang akan memberikan arahan kemanakah uang kita akan di investasikan.

No comments:

Post a Comment

Thanks For U'r Attention